Google
 

29 November 2007

Teori Merebus Katak


Teori Merebus Katak

Andaikan pada sebuah panci berisi air kita masukkan katak. Lalu panci tersebut kita panaskan di atas kompor secara bertahap. Saat air masih dingin katak diam saja. Kemudian ketika air mulai memanas sedikit demi sedikit, tubuh katak akan melakukan penyesuaian suhu. Memang demikianlah salah satu kekhasan binatang katak, dimana tubuhnya bisa menyesuaikan diri dengan kondisi sekitarnya.

Lama kelamaan saat suhu terus menaik, katak pun merasa kepanasan. Tapi ia bisa terus melakukan penyesuaian suhu. Sampai pada suhu tertentu, dimana tubuhnya tak bisa lagi melakukan penyesuaian, ia merasa kepanasan dan ingin melompat keluar. Namun karena suhu yang sudah tinggi tersebut, kakinya menjadi kepanasan dan tak kuat untuk melompat. Ia menjadi lemah. Sehingga akhirnya saat suhu air dalam panci tersebut sudah demikian tinggi, katak itu pun mati karenanya. Demikianlah analogi teoritis mengenai proses bagaimana seekor katak bisa mati terebus dalam air, karena instink survival berjalan berlawanan dengan instink penyesuaian diri yang berlebihan.

Makna filosofis dari cerita fabel tersebut sering berlaku pula pada manusia. Banyak manusia yang terjatuh pada sebuahkesalahan. Berbuat kesalahan yang fatal berawal dari kesalahan-kesalahan kecil yang dianggap biasa. Atau melakukan proses penyesuian diri atau kompromi yang berlebihan sehingga melupakan rasa mawas diri.

Seorang anak yang sedang bermain-main api, diingatkan oleh ibunya, "Hai nak, janganlah bermain-main api. Terbakar tanganmu
nanti". "Nggak apa kok bu, apinya kecil kok", kata sang anak kecil. Namun seringkali terjadi api kecil jadi membesar dan mencelakakan. Ibu yang sudah puluhan tahun mengalami pengalaman hidup menyadari hal tersebut. Namun anak kecil yang baru beberapa tahun hidup di dunia ini, sering meremehkan hal-hal kecil tersebut.


M Yusuf


Kalau anda melihat Film Documenter peraih Oscar ttg Global Warming yaitu Unconvenient Truth, maka hal itu tergambar jelas, bahkan ada animasi ttg katak yg direbus ini. Pada kondisi yg anda tulis itu,,,satu2nya cara menyelamatkan si Katak adalah mengambilnya sesegera mungkin dari air yg panas tadi. Hal ini akan lain jika katak meloncat ke dalam air yang panas, maka self defense-nya akan memerintahkan dia utk segera angkat kaki dari situasi yg membahayakan dirinya. Teori ini diaplikasikan utk banyak hal spt psikologis, enviroment, economics etc


dr. Kristianto Budi Wibowo


Di Discovery Channel kalau nggak salah juga ada film dokumenter tentang "Quest of Nutrition", yang mengambarkan gaya hidup dan pola makanan hampir di semua tempat dibumi dalam hal hubungan nya dengan kesehatan manusia masa kini dan masa mendatang. Disana juga dibahas bagaimana cara mengatasi / menghindari penyakit degeneratif yang saat ini akan hingap di setiap tubuh seseorang yang kurang memiliki antipasi yang baik dalam menghadapi perubahan bumi yang semakin hari tingkat polusinya semakin tingi.


Ivan Purba


Dari sisi PETA (organisasi yg membela hak asasi kebinatangan) adalah sangat tragis melakukan percobaan dg menyiksa binatang dg memberikannya pilihan utk tetap dimatikan demi kepentingan manusia menunjukan kehebatannya melakukan analisa rekasi cepat lambat dlm kehidupan mahluk hidup.


Dr.(Naturopathy) Ir. Donny Hosea MBA. PhD.


Tidak ada komentar: