Google
 

16 Desember 2007

hidup dg 1 ginjal


Dalam tubuh manusia kan ada 2 ginjal, bila seorang manusia (karena keadaan darurat) harus menolong saudaranya atau keluarganya yang membutuhkan dengan mendonorkan 1 ginjalnya, apa dia masih bisa hidup normal? Apa ada akibat yang fatal jika hidup dengan 1 ginjal?


M. Wendra


Tidak, asal ginjal yang satunya lagi dalam keadaan sehat. Normalnya manusia memang hanya perlu satu ginjal, yang lagi satu buat cadangan.


dr. imcw


Selain hati (liver), ginjal merupakan organ yang sangat pengting fungsinya bagi tubuh kita. Ginjal memiliki 2 fungsi dasar yang menunjang hidup kita, 1. Penyaring racun (obat, minuman, makanan, dll), 2. Penyerapan kembali zat2 yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jika anda hanya memiliki 1 ginjal: 1.Ya, anda masih bisa hidup normal, namun, anda sudah memiliki kekurangan dalam kemampuan menahan racun, jadi harus ditunjang dengan hidup sehat, olahraga yang tidak terlalu berat, makanan yang sehat dan teratur, hindari alkohol dan obat2 yang tidak perlu, jangan sampai kurang minum, menahan kencing. 2.Akibat paling fatal, 1. Pada donor anda, mungkin ada ketidak cocokan organ, akibatnya bisa saja kematian, 2.PAda anda, kemungkinan untuk menderita penyakit ginjal lebih tinggi, jadi harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat, mengikuti aturan yang ditetapkan oleh dokter anda , dan tentu saja berdoa :)


Anggie Novaldy, dr.


Tidak ada komentar: