Google
 

29 September 2008

Re: [Dokter Umum] Glukosa-Diabetes

==>
Soal Glukosa, jangan berandai2.
Bila pusing, maka glukosa sekian, maka begini dan maka begitu..
Jangan menduga2.
Simpel saja, periksa Gula dan baru menyimpulkan.
Sekarang sudah dijual bebas dan murah alat glukometer buat periksa gula sendiri di rumah, jadi sebaiknya beli saja bila anda concern soal gula. Dan begitu ada gejala, periksa. dan ada kurva yang harus dibuat, bila anda ingin melihat kecenderungan kelainan metabolisme karbohidrat.
 
==>
Soal anemia juga, tidak konsisten. Kadang Hb sekian, kadang Hb segitu..
Kadang naik, kadang turun. gak jelas.
Kedua angka yang berbeda itu jarak berapa lama dan di lab berbeda?
Daripada pusing2, seorang klinisi yang baik akan memeriksa anda dan secara klinis sudah bisa ditentukan anemis atau tidak, baru dikonfirmasi angkanya dengan lab. Bila memang benar anemia, maka akan diperiksa parameter2 hematologis untuk menentukan jenis anemianya dan etiologinya. Amat mudah kok flowchartnya.
 
Demikian, semoga tidak terlalu bingung lagi dan jangan banyak berandai2 :)
 
salam,


--- On Sun, 9/28/08, Vna <persya_cute@yahoo.com> wrote:

From: Vna <persya_cute@yahoo.com>
Subject: [Dokter Umum] Glukosa-Diabetes
To: dokter_umum@yahoogroups.com
Date: Sunday, September 28, 2008, 7:06 AM


Dear rekan milis,
saya new member disini, salam kenal untuk semua, saya vina. saya mau
bertanya tentang diabetes type 1. kemarin saya cek glukosa puasa, dan
ternyata glukosa saya cuma 73 (normal 80). dan pada saat saya cek itu,
pusing2 saya cuma sedikit. minggu sebelumnya, saya selalu vertigo
mendadak, berasa drop, gemetaran, keringat dingin dan kadang sampe mau
pingsan, jadi bener2 udah ga kuat gitu, pd saat hal itu terjadi, saya
selalu minum teh manis hangat dan itu cukup membantu saya, lalu saya
minum obat sakit kepala/obat vertigo dari dokter. seandainya sakit
kepala saya sedikit saja glukosa saya sudah di angka 73 berarti ada
kemungkinan waktu saya hampir pingsan itu glukosa saya di bawah 73
bukan? apakah saya bisa mendefinisikannya seperti itu? dan apakah ini
benar pertanda diabetes type 1? seandainya iya, apakah saya
membutuhkan insulin? bagaimana tindak lanjutnya? karena saya itu ada
anemia, kadang Hb saya bisa 8, kadang bs 12,8 jadi dokter menganggap
saya kurang darah. dan saya ada sakit maag yang kadang2 timbul juga,
jd dokter menyarankan saya sering makan dgn porsi yang sedikit. oh yah
kolestrol LDL saya di angka 103 (dari normal 100) berarti lebih yah.
mohon sarannya, jujur saya bingung banget. terima kasih sebelumnya.


[Non-text portions of this message have been removed]


------------------------------------

[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.com ]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/dokter_umum/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/dokter_umum/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:dokter_umum-digest@yahoogroups.com
mailto:dokter_umum-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
dokter_umum-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: