Google
 

28 April 2009

[Dokter Umum] Re: KONSULTASI

--- In dokter_umum@yahoogroups.com, "nikiyas550" <nikiyas550@...> wrote:
>Yth nakiya550.
Malam bu, saya dr. Cholid, akan mencoba menjawab pertanyaan ibu.
Anak usia di bawah 14 tahun kadang mudah mengalami mimisan karena dinding pembuluh darah hidung masih belum sempurna. Mudah pecah karena trauma kecil saja, mengorek hidung terlalu kuat (ngupil), buang ingus terlalu kuat atau rangsangan hawa panas dari hidung. Tapi biasanya mimisannya ringan dan mudah berhenti. Kemungkinan mimisan anak ibu karena hawa panas dari hidung yang disebabkan karena infeksi.
Peningkatan jumlah sel darah putih (leukosit) juga pertanda adanya infeksi. Sayangnya ibu tidak mencantumkan berapa kadar leukositnya. Biasanya kadar leukosit meningkat diatas 10.000/mm3.
Bila leukosit meningkat sangat tinggi (misal diatas 20.000), perlu pemeriksaan lebih lengkap, misalnya Morfologi sel darah tepi. Karena dikhawatirkan terdapat kelainan/ gangguan pada sel darah putihnya.
Pada anak ibu, bila mengalami sakit panas disertai suara sengau, hidung mampet dan mengorok bila tidur, ada banyak kemungkinan jenis penyakitnya. Diantaranya bisa karena ISPA saja, Tonsilitis (amandel), Adenoid (ada beberapa anak yang tetap membesar kelenjar adenoid nya, yang normalnya mengecil dan hilang sesuai pertambahan usia). Karena suara sengau, hidung mampet dan ngorok merupakan tanda sumbatan ringan/ sebagian (partial) jalan nafas bagian atas (tenggorokan dan hidung).
Pengobatannya tergantung dari jenis penyakitnya.
Yang perlu dijaga adalah daya tahan tubuh dan makanannya. Banyak makanan yang bergizi. Hindari makanan yang merangsang dan mengiritasi daerah tenggorokan dan saluran pernafasan, seperti es, gorengan, permen, snack yang mengandung MSG.
Untuk lebih jelasnya, bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis Anak atau THT.
Tentang putri ibu, saya masih belum bisa menjelaskan lebih lanjut. Benjolan dibawah mata tsb minimal harus dilihat secara langsung untuk dapat menentukan jenis penyakitnya. Tergantung dari besar, lokasi, konsistensi, mudah digerakkan atau tidak, berkapsul atau tidak, keadaan dan warna kulit permukaan, keluhan lain yang dirasakan, lama waktu membasarnya, dll.
Semoga penjelasan saya bisa membantu. Terima kasih.

> 1. Dokter saya punya anak cowok (6 thn) dia panas 3 hari, cek darah hasilnya sel darah putih tinggi. udah 1 mg ini dia kelihatan lemas, tadi pagi ketika bersin hidungnya keluar darah, dan sejak sakit suaranya jadi sengau dan hidungnya suka buntu. dan kalo tidur, napasnya bunyi.Waktu saya hamil dia saya kena ispa.
>
> Pertanyaan saya :
> a. indikasi penyakit anak saya apa ?
> b. tindakan yang hrs sy lakukan setelah dia sembuh & untuk pencegahan ?
>
> 2. saya juga punya anak cewek (1 thn) dibawah mata ada benjolan, dan semakin besar sebiji jagung. konsul kedokter katanya infeksi kelenjar n harus dibelah, tapi saya nda tega. adakah cara lain selain itu ?
>
> thank u
>


------------------------------------

[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.com ]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/dokter_umum/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/dokter_umum/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:dokter_umum-digest@yahoogroups.com
mailto:dokter_umum-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
dokter_umum-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: