Google
 

31 Agustus 2010

Re: [Dokter Umum] hamil, darah rendah, pengentalan darah dan sakit kepala

 

Dear Illsya,

Sakit kepala yang anda alami itu karena adanya darah rendah (tensi darah rendah)
dan adanya kondisi darah kental.

Kedua kondisi di atas menyebabkan aliran darah ke otak menjadi berkurang,
akibatnya otak kekurangan oksigen dan anda mengalami sakit kepala, mual,
berkeringat dingin, lemas.

Kalau utk mengencerkan darah dgn bantuan obat-obatan akan memperbaiki keadaan,
tentunya itu beresiko tinggi karena anda dalam posisi mengandung. Jika suatu
saat terjadi perdarahan/bleeding, akan sulit darah untuk berhenti.

Menurut saya beberapa hal yang perlu dilakukan utk menjaga supplai oksigen ke
otak anda :

1. meningkatkan kadar haemoglobin dalam darah (karena haemoglobin lah yang
mengikat oksigen dari paru utk di bawa ke seluruh tubuh). Caranya dgn :
konsumsi vitamin penambah darah yang mengandung zat besi dan juga makan makanan
yg mengandung daging berwarna merah, protein hewani, spt telur, ikan, daging
sapi/kambing, hati sapi/kambing/ayam.
Itu semua merupakan bahan baku utk membentuk sel darah merah.
Tapi konsumsi vitamin penambah darah yg mengandung zat besi bisa menimbulkan
efek samping mual.

2. Bila perlu gunakan bantuan oksigen inhalasi jika sakit kepala, mual,
berkeringat dingin, lemas, sesak nafas terasa semakin berat.

Namun tetap konsultasi dgn Obsgyn anda karena bagaimanapun dia yang tahu keadaan
anda.

Saran saya yg lain : pikirkan kemungkinan tubektomi pasca melahirkan anak ke-4
ini karena kondisi anda utk hamil kembali kurang baik bagi anda dan janin.

salam,

 dr. Melyanti

________________________________
From: illsya <illsya_elbin@yahoo.com>
To: dokter_umum@yahoogroups.com
Sent: Wed, September 1, 2010 10:18:10 AM
Subject: [Dokter Umum] hamil, darah rendah, pengentalan darah dan sakit kepala

 
Dear dokter...
saya 33 tahun, sedang hamil 19 minggu, punya darah rendah dan sering sakit
kepala,
ini adalah kehamilan ke-4,
pengentalan darah saya dapatkan pada saat hamil ke-3, dan baru diketahui pada
saat usia kandungan sudah akan masuk bulan ke-8, tapi jabang bayi sudah tak
tertolong, diketahui 1 minggu dalam kandungan sudah meninggalkan kami semua,
alhamdulillah keluar secara normal.

pada kehamilan ke-4 ini saya diberi ascardia oleh dokter kandungan yang saya
minum 1 buah sehari,
masalahnya kondisi saya sangat ringkih, mudah lelah, sering sakit kepala, masih
sesekali mual tetapi tidak tiap hari(mual sejak kehamilan 1 bulan sampai dengan
bulan ke empat rutin setiap hari), dan kondisi ini sangat membuat saya tambah
stress, karena saya tidak bisa berjalan kemana2 (cepat lelah), berkeringat
dingin, hanya tidur2an dan seputaran rumah.

pada minggu 15 saya sempat 4 hari dirawat di rumah sakit karena menderita
parathypus, 4 hari pertama sakit kepala saya tidak pernah hilang sama sekali.

saya sudah ke dokter neurolog, tetapi hanya diminta untuk sering meranggangkan
badan dengan melakukan senam kecil seputar kepala.

oleh dokter penyakit dalam yang merawat saya selama kena parathypus, diminta
untuk tidak bekerja berat.

apakah ada hal lain yang sebaiknya saya periksakan ke dokter ya dok? dan
sebaiknya dokter apa?
karena walaupun saya sangat menghormati dokter kandungan saya, saya sering
merasa dia terlalu santai dengan kondisi saya ini.

apakah akupunktur aman untuk ibu hamil dok, berkaitan dengan sakit kepala saya
ini?
atau saya perlu mendatangi psikolog, karena mungkin saya masih trauma atas
peristiwa kehamilan ketiga yang terjadi sekitar setahun yang lalu?
atau perlukah saya juga mendatangi dokter darah, agar mendapat pengobatan lebih
intensif?

maaf pertanyaan saya panjang sekali dok, karena sakit kepala ini sangat
mengganggu saya...

terima kasih atas petunjuk dan saran, baik dari dokter maupun teman-teman yang
lain.

ICHA

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.web.id ]
MARKETPLACE

Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: