Google
 

18 Februari 2011

Re: [Dokter Umum] Masuk Angin

 



Terima kasih Pak Arnaz dan manyaque_smile, sekarang saya sudah tercerahkan mengenai gejala yang sering saya alami. Semoga penjelasannya juga bermanfaat untuk anggota yang lain.

Hehe, nanya lagi.Sakit pinggang saya kambuhan. Kadang di pinggang tengah, kadang di pinggang kanan. Dari semalam saya dah ngilu nih di pinggang kanan.Kalo diurut bagus buat tubuh ga sih?Setelah saya urut,keluar angin (maaf, sendawa). Apa itu berarti sakit pinggangnya karena masuk angin.Kalo tanya ke dokter, dokter bagian apa, ya? Trims
--- In dokter_umum@yahoogroups.com, arnaz2000id@... wrote:
>
>
> Selamat Siang,
>
> Saya akan coba bantu jelaskan ke Saudara Jumi tentang 'Masuk Angin'.
>
> Dalam dunia Kedokteran, TIDAK ADA istilah 'Masuk Angin'. Keluhan yang Saudara sebutkan dapat ditimbulkan oleh Cuaca Dingin yang biasanya kalau di Indonesia ditemani Angin yang Banyak.
>
> Cuaca dingin menyebabkan Penyempitan pembuluh darah (Vasokonstriksi) kita yang gunanya menghambat pengeluaran panas dari tubuh kita agar kita tidak terkena Hipotermi (suhu tubuh rendah). Tetapi, Vasokonstriksi pembuluh darah dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kurang lancar, sehingga hasil metabolisme seperti Asam Laktat terakumulasi di otot-otot kita menyebabkan keluhan seperti nyeri otot (myalgia) atau tidak enak badan.
>
> Cuaca dingin juga mengakibatkan gerak saluran cerna (peristaltik) kita melambat sehingga gas yang ada di saluran cerna kita terakumulasi, muncullah gejala perut kembung/begah/penuh. Selain itu, apabila kita membuka mulut di jalan saat naik motor atau roller coaster, dapat menyebabkan banyak angin yang masuk ke saluran cerna (Aerophagi).
>
> Cuaca dingin juga dapat menyebabkan rambut-rambut kecil di saluran pernafasan kita lambat bergerak. Padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir dan bakteri serta virus. Hal ini menyebabkan kita mudah terkena infeksi saluran nafas atas, seperti: batuk, pilek, dsb.
>
> Sakit pinggang yang Saudara sebutkan biasanya karena duduk lama (pekerjaan saudara di depan komputer 8 jam/hari). Duduk lama apalagi dengan posisi yang salah dapat menyebabkan ketegangan otot-otot, yang bila berlanjut dapat menekan saraf-saraf tulang belakang.
>
> Sekian Penjelasan dari saya. Mohon maaf bila ada kekurangan atau tidak berkenan.
>
> Salam,
> Arnaz
>
> (Dikutip dari Berbagai Sumber)
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
>
> -----Original Message-----
> From: "Jumi" <izatunisa@...>
> Sender: dokter_umum@yahoogroups.com
> Date: Fri, 18 Feb 2011 03:20:56
> To: <dokter_umum@yahoogroups.com>
> Reply-To: dokter_umum@yahoogroups.com
> Subject: [Dokter Umum] Masuk Angin
>
> Dear Dokter,
>
> Saya mau tanya nih, kalo dalam dunia kedokteran ada penyakit yang namanya masuk angin, ga sih?Gejala2 seperti badan pegal2, perut kembung, mual, dalam dunia kedokteran termasuk penyakit apa, ya? Saya juga pernah mengalami sakit di pinggang. untuk bergerak ngilu sekali.JFI, saya bekerja di depan komputer 8 jam/hari.sakit pinggang ini juga pernah saya alami sewaktu ke luar kota dan saat berdiri ngilu di pinggang menyerang saya. Apakah sakit pinggang ini juga karena masuk angin? Terima kasih atas penjelasannya
>
>
>
> Yani
> Depok
>
>
>
>
> [Non-text portions of this message have been removed]
>

__._,_.___
Recent Activity:
[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.web.id ]
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: