Google
 

30 Juni 2011

[Dokter Umum] Tanya : Sindrom Nefrotik

Dear All,
Salam kenal sebelumnya, saya ikuti milis ini krn ingin tau banyak hal didunia medis yg saya belum tahu sebelumnya, khususnya untuk Sindrom Nefrotik.

Ayah saya (53tahun) kebetulan sudah satu tahun ini terkena sindrom nefrotik yg ditandai bocornya protein dalam air kencing dan muncul edema di beberapa bagian tubuh seperti kaki (punggung kaki dan tumit), dibagian tulang kering, perut dll.

Tahun lalu kondisi edema dibarengi dengan tensi yg tidak teratur, kadang sangat tinggi hingga 200 kadang turun di 140. Namun kondisi tsb berangsur stabil, saat ini tensi dikisaran 130. Begitu jg dgn kolesterol yg meningkat secara drastis. Saat ini sudah stabil. Hanya kadar albumin saja yg masih belum stabil.

Hasil test lab terakhir menunjukkan kadar albumin 2,3 yang mana sangat rendah karena standar di angka 3,5. Untuk obat yg sekarang dikonsumsi adalah hyperil, clonidine, persantine, neurosambe, lanturol, irvas, amlodipine, metform, truvask dan pil albumin (sari ikan kutuk) serta konsumsi putih telur sehari 2-4 butir.

Sebelumnya oleh dokter disuruh utk meminum methyl prednisolone dgn dosis paling rendah 12mg/hari dan memang sangat terlihat perubahannya, edema berkurang, tidak mudah lemas dan hsl test lab albumin stabil dikisaran 2.8. Namun konsumsi methylprednisolone ini membawa efek yg cukup banyak bagi tubuh seperti sering berdebar-debar, muncul bintik merah di dada dan punggung, serta sebah atau perut terasa kembung seperti ada angin yg cukup banyak namun tdk dapat keluar.

Yang ingin saya tanyakan ke milis ini:
1. Apakah sindrom nefrotik itu termasuk penyakit langka yg belum diketahui penyebabnya?

2. Apakah pemberian methylprednisolone benar dapat membantu menambal kebocoran pada ginjal? Dan jika membawa efek samping spt disebut diatas apakah ada obat lainnya yg berfungsi utk menambal kebocoran tsb?

3. Apakah psikologis pasien dalam pengobatan sangat mempengaruhi tingkat kebocoran?

4. Adakah yg dapat memberi referensi dokter mana yang dapat kami datangi untuk konsultasi, terutama yg spesialis nephrotik.

Sekian dan mohon bantuan rekan-rekan semua.
Salam dan Terimakasih.

Fahmi.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

------------------------------------

[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.web.id ]Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/dokter_umum/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/dokter_umum/join
(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
dokter_umum-digest@yahoogroups.com
dokter_umum-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
dokter_umum-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/

Tidak ada komentar: