Google
 

22 Agustus 2011

[Dokter Umum] Batuk panjang pada anak

 

Dear Dokter,
Anak saya, 4,5thn mengalami batuk yang sudah tergolong lama, lebih dari 2bulan.
Awalnya, kakeknya yang didiagnosa gejala TBC. Karena khawatir, saya pun
memeriksakan anak saya (tes montoux dan rotgen). Alhamdulillah hasilnya negatif.
Dsa memberinya obat batuk biasa. Selang seminggu, batuknya reda. Namun, ketika
satu kali si anak minum air es/makan coklat, batuknya kembali datang. Diberi
obat, hilang. Begitu berulang-ulang.

Akhirnya saya memutuskan untuk datang lagi ke dsa, dan menyampaikan keluhan tsb.
Menurut dsa, anak saya alergi. Saya diminta untuk mengganti susunya, menjadi
susu soya. Pantangannya juga cukup banyak mulai dari makanan yang terbuat dari
susu sapi hingga telur dan ikan2 tertentu. Hari itu juga anak saya di Nebulizer
dan diberikan obat ventolin exp dan histrine syrup. Selang seminggu, batuknya
mereda. Saya pun sudah mengganti susunya dan hati-hati terhadap pantangan
tersebut. Perlu diketahui juga, dari kecil, saya tidak pernah membiarkan anak
saya jajan sembarang. Kalaupun jajan, biasanya saya memberikan bisku** ataupun
minuman susu botol y**, atau ice cream yg biasa dijual di supermarket.

Kemarin, ayahnya membelikan dia minuman buah dalam kemasan kotak rasa
blackcurrent. Sejak minum itu, batuk yg sudah mulai mereda, skrg menjadi lagi.
Dengan begitu, apakah benar anak saya alergi? Bagaimana penanganan yang tepat?
Dan apa yg musti saya lakukan? Mohon bantuannya..
Thx

Regards,

[Non-text portions of this message have been removed]

__._,_.___
Recent Activity:
[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.com ]
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: