Google
 

30 November 2013

Re: [Dokter Umum] TANYA HASIL TES LAB & RONTGEN

 

Saya rasa sudah tepat yg dilakukan DSA-nya, emang pasien seperti itu di suspek TB, walau sebenarnya pada anak hasil ro tuh bukan tolak ukur diagnosa, namun hasil mantoux bisa saja negatif palsu, scoring diterapkan kog pada kasus ini, mengingat gejala klinisnya ada, jadi walau annaknya tidak sakit namun dia terindikasi terinfeksi, pemberian 2 macam obat TB dianjurkan dalam hal ini, bila. Dalam 2. Mggu memberi dampak pada anak (mis; ada kenaikan berat badan) maka obat akan dilanjutkan tuh sampai tuntas, namun bila sebaliknya obt akan dihentikan dan dicari kausa lain...sekian

Powered by Telkomsel BlackBerry®

From: <c4tur_hp@yahoo.com>
Sender: dokter_umum@yahoogroups.com
Date: 30 Nov 2013 02:27:11 -0800
To: <dokter_umum@yahoogroups.com>
ReplyTo: dokter_umum@yahoogroups.com
Subject: [Dokter Umum] TANYA HASIL TES LAB RONTGEN

 

Dokter yang terhormat,

Anak saya usia 2 tahun 1 bulan. Terdapat benjolan kecil-kecil di leher sebelah kanan dan kirinya. Benjolan ini sudah muncul saat usianya 6 bulan. Benjolan bisa digerakkan dan bersifat lunak. Sudah divaksin BCG saat umur 2 bulan.


Anaknya aktif dan jarang sakit. Paling pilek dan batuk sebentar. Demam juga tidak pernah lama. Tapi berat badannya sekarang hanya 9,4 kg (2 tahun, 1 bulan) padahal makannya banyak (3 kali sehari).


Hasil tes Mauntox: Normal

Hasil Pemeriksaan Rontgen:

Cor: Sinuses dan diagfragma normal, sqa

Pulma: Hilus kanan melebar, lobulated, hilus kiri tertutup bayangan jantung. Tampak bercak infiltrat di perihiler kiri


Kesan: Gambaran proses spesifik aktif dengan lymphadenopathy hilus kanan

Hasil Tes Darah: Limposit 51 (lainnya normal)


Menurut dokter spesialis anak yang memeriksanya, anak saya kena flek paru dan disuruh minum obat selama 2 minggu berturut2 kemudian nanti dilihat perkembangannya.


Pertanyaan saya, apakah dengan hanya hasil seperti itu, anak saya sudah bisa dikatakan menderita TBC?


Setahu saya untuk menentukan anak menderita TBC atau tidak harus dilakukan skoring, karena tidak mudah mendeteksi TBC pada anak. Yang dilakukan dokter pada anak saya waktu itu, hanya berdasarkan mantoux, rontgen, tes darah, dan fisik saja.


Agar diketahui penyakit apa yang tepat pada anak saya, apa yang harus saya lakukan lagi? Mohon informasi dan penjelasannya.

 

Terima kasih

 

 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (2)
Recent Activity:
[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.com ]
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: