Google
 

05 Januari 2014

Re: [Dokter Umum] susah Bab

 

Secara garis besar proses BAB yg normal dipengaruhi oleh 5 faktor:
1. Cukup serat daripada daging
2. Cukup air minum
3. Cukup aktivitas fisik
4. Waktu yang cukup dan tidak terburu2 selama defekasi
5. Faktor lain yg berbeda secara personal seperti kelainan hormonal, anatomi saluran cerna dan sebagainya

Mengingat Mas sebelumnya pernah BAB secara lancar dan normal, berarti bisa dikembalikan lagi. Coba perbaiki faktor 1 sampai 4 . Makan minimal 1 piring buah perhari dan 3 sendok makan sayur setiap makan (perkiraan kasar)

Minumlah air minimal 2.5 liter per hari. Sehabis bangun tidur minumlah setengah liter air putih untuk membantu peristaltik usus.

Olahraga kalau tidak sempat bisa digantikan dengan perbanyak berjalan kaki.

Ketika akan BAB, berikan waktu yg cukup dan tidak terburu2 menyelesaikannya. Dalam suasana hati tergesa2, peristaltik usus menjadi lebih lemah.

Terlalu sering dan lama menggunakan obat pencahar bisa menyebabkan kelemahan otot usus dan kontraksi menjadi lemah sehingga butuh obat pencahar terus setiap akan BAB.

Best Regards,
Astrawinata G.

From: <zulfikarsandypratama@yahoo.com>
Sender: dokter_umum@yahoogroups.com
Date: 30 Dec 2013 16:31:43 -0800
To: <dokter_umum@yahoogroups.com>
ReplyTo: dokter_umum@yahoogroups.com
Subject: [Dokter Umum] susah Bab

 

Saya msh berumur 17 tahun. Saya dulu msh sering basket dan futsal, tetapi semenjak kelas 3 SMA ini saya mengurangi kegiatan tersebut bahkan jarang sekali melakukan olahraga. Mulai bulan oktober kemarin, saya mengalami susah bab. 3-6 hari baru bab. Jika sudah seminggu, saya terpaksa menggunakan obat pencahar Dulcolax. Saya mau bertanya, dok. Bagaimana cara agar sistem pencernaan saya kembali normal? Karena saya takut ada masalah atau hal2 aneh spt kelainan pada usus saya. Lalu, dalam jangka waktu brp hari sebaiknya obat pencahar saya konsumsi jika saya msh susah bab? Terima kasih,dok.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (4)
Recent Activity:
[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.com ]
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: