Google
 

22 November 2007

Saran untuk penyakit kanker ( Kanker Paru )


Mau menanyakan.. kerabat saya mengalami gejala pembengkakan pada ujung tangan dan kaki (ujung jari, telapak kaki tampak membesar seperti beri2). Kemudian setiap berubah posisi (berdiri - duduk) terasa lutut linu. Setelah diperiksakan maka itu gejala biasa karena faktor usia (60- an) dan sedikit kurang asupan gizi (memang kerabat saya nafsu makan menurun dan rokoknya seperti kereta api). Kemudian dicoba diperiksakan dengan tes ludah dan CT scan daerah paru. Hasilnya kurang lebih:
- Mediastinum :kelenjar getah bening membesar di daerah subaortik
multipel, diamtere 1-2 cm
- hilus kiri : pembesaran kelenjar getah bening d= 0.5-1cm
- Pleura kiri tampak satu masa padatyang menunjukkan ekstensi sampai hilus kiri& mediasntinum superior kiri. Melekat erat apda pleura dinding ,menyebabkan bagian distal bronkus segmental S-6 berobliterasi, ukuran 5.1x7.4x15 xm
Kenaikan densitas pasca kontras IV tak teratur dari 34.7 HUs,.d 73.5 HU-141HU. pleuara tak menebal, fissura interlobber normal, tak ada efusi pleural. DP/KP sinistra aktif.


Kesan umum : kanker paru tidak ada indikasi ke arah keganasan.


Saat ini kerabat saya nafsu makan terus menurun (kalau makan rasanya asin dan mual).


Mohon petunjuknya apa yang harus dilanjutkan pemeriksaannya mengingat kerabat saya susah sekali untuk diajak melakukan bronskopi, tumor marker, ataupun USG. Apakah hal ini berbahaya apabila hanya bergantung pada obat seperti celestamin dan evion (obat lain hanyalah multivitamin nafsu makan).
Sekarang jalan satu2nya adalah dengan memberikan nutrisi melalui jus (wortel, apel, kiwi,dll) , madu, susu kedelai.


Mochammad Noer Cahyo <merpatipost2001@yahoo.com>


Ada sedikit saran dari saya, mengingat bahwa sakit yang diderita tersebut adalah penyakit yang membutuhkan suatu semangat untuk dapat sembuh krn seseorang begitu mendengar dirinya sakit kanker, otomatis daya tahan tubuh langsung turun, bisa krn sedih, atau menyadari bahwa penyakitnya tidak mungkin sembuh atau menyadari bahwa umurnya pendek. Mesti disadari bahwa segala sesuatu dapat terjadi sesuai dengan pola pikir (mind set). Saya menganjurkan untuk menjalankan hipnoterapi terlebih dahulu, sehingga pola pikir mampu menjadikan dirinya menyadari dapat sembuh, dapat sembuh oleh karena mau memeriksakan diri, mau menjalankan pengobatan, mau makan dan minum untuk tetap hidup,, bersemangat berjuang melawan sakitnya dan yakin ada mujizat bila bersandar pada Tuhan. Mudah2an saran saya dapat membantu. Harapan saya juga nanti kita bisa berdiskusi lebih lanjut.
Sekian dulu dan salam sehat


Ivan <dr_ivan@stephanusnurdin.com>


Tidak ada komentar: