Google
 

12 Desember 2007

Hamil disaat menyusui anak umur 13 bulan


Selamat Pagi para Milist dan Dokter serta pemerhati kesehatan. Saya ada pertanyaaan, Istri saya saat ini masih menyusui
anak kami yang berumur 13 bulan (1 tahun 1 bulan) dan disaat yang bersamaan dia sedang Hamil juga. Bagaimanakah sebaiknya apakah anak disapih supaya tidak minum dan diganti dengan formula atau ada alternatif lainnya. Dan apa ada resiko menyusui anak kalau lagi Hamil dan bagaimana efek negatif dan positif terhadap Janin yang dikandung.


Amrios Amsyar


Wah, cepat sekali produksinya, Mas. :) Umur 1 tahun lebih, anak boleh di sapih dan diganti dengan susu formula. Kasihan ibunya, udah hamil memerlukan energi lebih, menyusui malah bisa menyedot energi juga.


dr. imcw


Terima kasih atas tanggapannya Pak Made, ya, sebenarnya kita emang lagi dikejar "setoran" pak, maklumlah umur kita udah tua hahaha...Saya udah pernah nyoba memberikan susu formula tapi, kemudian dia itu alergi terhadap susu formula tersebut, saya coba berikan dari susu formula yang berasal dari susu sapi dan yg berasal dari susu kedelai, akibat dari minum susu tersebut kulit anak saya alergi kemudian setelah dihentikan baru normal kembali. Jika kehamilan tersebut tetap dipertahankan sambil menyusui anak apakah ada efek negatif dan positif terhadap Janin.


Amrios Amsyar


Terhadap janin sih tidak ada efeknya langsung tetapi terhadap ibunya mesti mengkonsumsi makanan yang lebih dari cukup guna memenuhi kebutuhan energi keduanya.


dr. imcw


Tidak ada komentar: