Google
 

16 Desember 2007

Murmur


Apa yang dimaksudkan dengan murmur ? Apakah berbahaya ? Bagaimana menyembuhkannya ?


SAndy


murmur adalah suara yang tidak normal yang berasal dari jantung (bising) oleh karena turbulensi darah yang mengenai katup yang mengalami kelainan. Biasanya dapat ditemukan pada kelainan bawaan jantung, tapi dapat juga ditemukan pada penyakit jantung lain.


Berbahaya atau tidak bukan dititikberatkan pada murmurnya, tetapi penyebab dari murmur itu sendiri. Misalnya pada kelainan bawaan pada katup jantung yang berat dapat mengakibatkan gagal jantung.


Sekali lagi, pengobatan terletak pada penyebabnya. Yang pernah saya baca, pengobatan dari kelainan katup (sbg cthnya) adalah pembedahan, yaitu memperbaiki dinding katup yang kaku tadi.


Bunga


klo inncoent murmur itu apa? berbahaya juga kah...? krn anak sy di diagnosa "ada sesuatu" dgn jantung nya oleh dsa di slh st RS. Dsa nya bukan dsa yg biasa menangani ank sy. Wkt itu dia batuk - pilek. stlh kontrol ke dktr spj, ga ada apa2... tp dsa itu ngotot 'ada
sesuatu" dgn jantungnya. akhirnya sy ke dsa anak sy yg biasa menangani anak saya. Dan dibilangnya innocent murmur. Yg ga perlu dikasih tau ke org tua krn akan meresahkan..


bunga_ir


Setahu saya, innocent murmur itu adalah murmur fisiologis yang terdapat akibat keadaan2 tertentu. Misal high output state pada hemodinamik jantung, misal hyperpyrexia, tirotoksikosis, anemia, dst. Jadi bukan murmur patologis karena kelainan struktural pada jantungnya sendiri. Sebaiknya berobatnya ke kardiolog anak saja deh. Juga sebaiknya di Echo supaya tahu strukturalnya.


Disebut bahaya, ya bukan murmurnya yg berbahaya. Tapi sebaiknya dicoba cari apa yg jadi penyebabnya. Mungkin juga ada pada beberapa kondisi atau life span tertentu dimana innocent murmur bisa terdapat.


Maria Vincentia


Tidak ada komentar: