Google
 

28 Juni 2011

Re: [Dokter Umum] Batuk Alergi

 

Salam kenal Mom Rika...

Saya bukan dokter, tapi hanya sharing kisah yg mirip.
Keluarga kecil saya (putri sulung 7th, putra k2 10 bulan) juga ada
riwayat alergi. Bonus, 'warisan' asma dari garis keluarga saya (kakak
lelaki sulung, ibu saya dan kakek saya).
Alhamdulillah, sampai hari ini, saya berhasil berjuang utk tdk berikan
antibiotik, kapanpun 2 anak saya sedang batuk/pilek atau alerginya
kumat. Saya pribadi, selama disemarang, sempat 3 kali-an kumat asma.
Dan masih sanggup bertahan tanpa antibiotik.
Setahun ini, dg anomali cuaca begini, saya juga sering batuk tdk
jelas. Tdk jelas karena tdk sedang batpil. Kadang hanya sehari sekali,
kadang 3 kali. Tersering, sesaat sebelum ingin tidur dimalam hari.
Padahal waktu tidur saya jg tdk jelas. Semalam ada film Hellboy, jadi
saya baru terbaring sekitar jam 12 lewat. Baru 15 menit terlelap dg
posisi tengkurap, batuk tdk jelas saya kumat. Saya sampai harus
terbangun, minum air putih 150an ml, baru kemudian bisa bernafas lega
dan tidur ulang.
Kalau dipikir2, sptnya saya alergi debu kasur. Meski busa, ada bagian
dikasur yg debunya tdk tersentuh sapu. Dulu, saat kasur masih kapuk,
batuk tdk jelas saya parah. Sampai nafaspun berbunyi/mengi.
Alhamdulillah, sejak ganti kasur, bantal/guling non kapuk, yg tersisa
hanya sekali sehari batuk tdk jelas, dan tanpa mengi.
Oia, yg terpenting, dari setiap batuk saya, saya tdk minum obat
apapun. Hanya air putih yg banyak, cukup membantu mengencerkan dahak.
Begitu jg dg 2 anak saya. Kalau sedang pada batpil, maksimal hanya
parasetamol jika ada demam dan rewel tak bisa tidur.

Nah, utk putra ibu (usia putra kita sama nih), saya sarankan utk tetap
intake cairan sebanyak mungkin (ASI/Sufor).
Kalo perlu, stel AC suhu ruangan disetiap jam saat putra ibu batuknya
paling sering.
Tetap rutin dijemur pagi, jam 7-8 pagi.
Utk dsa-nya, mungkin sebaiknya cari second opinion. Banyak artikel
cdc, idai yg menjelaskan, bahwa antibiotik hanya utk 'pembunuh'
bakteri. Bukan virus, apalagi alergi (cmiiw ya paa dokters)
Satu lagi, saya justru senang bayi saya bisa muntah saat batpil.
Karena, itu satu cara utk mengeluarkan lendir batpilnya. Asal
muntahnya tdk 3x dalam sehari...^_^

Semoga sharing saya membantu.

On 6/27/11, Rika Mawarrika <rika_mawarrika@yahoo.com> wrote:
> Salam sejahtera
>
>
> Dok..nama saya rika usia 32 tahun, anak saya yang kedua usianya 10 bulan
> batuknya awet..berdahak, sudah diperiksa k Sda katanya alergi...batuknya sih
> jarang-jarang tapi sekalinya batuk sampe muntah berlendir terus batuknya itu
> menjelang subuh, kalau siang tidak begitu...saya sudah bingung musti gimana
> lagi, setiap k Sda pasti dikasih obat puyer antibiotik sama obat anti sesak,
> mungkin dokter dan rekan-rekan punya solusi dengan maslah saya ini....terima
> kasih
>
> Mawar Rika (rika_mawarrika@yahoo.com)
> Garut - Jawa Barat

--
-BunSal™-

__._,_.___
Recent Activity:
[ Forum Kesehatan : http://www.medisiana.web.id ]
.

__,_._,___

21 komentar:

arienta mengatakan...

iya nie kalo anak suka batuk krn alergi apa ya ??? suka lama nie sembuhnya

susan mengatakan...

kalo anakku batuk sie kl minum susu nya terlalu manis akhirnya sekarang aku temuin susu yg yg terlalu manis mungkin dia alergi gula tambhan gitu kayaknya

Debby Capricia mengatakan...

selain alergi mungkin susunya terlalu kental bun jadinya gulanya ngegumpal di tenggorokan dan akhirnya jadi batuk.....biasain minum air putih yg banyak

Atikah mengatakan...

Batuk alergi bisa disebabkan debu juga yah...
mesti banyak minum air putih dan sering2 bersih2 tuh.
susu yang terlalu manis jg bs yah, gulanya kan suka bikin gatal tenggorokan

going mengatakan...

oh susu juga bisa bikin anak batuk toh, pantesan sejak lepas asi anakku lbh sering batuk, mana susunya emang manis bgt...

snoopy mengatakan...

klo alergi mah da ga bisa sembuh, aku juga alergi debu, jd mau ga mau rumah harus selalu bersih. Makanan juga harus dijaga, ga boleh makan terlalu banyak yg manis2...

sheila mengatakan...

alergi karna cuaca juga bisa, klo da tau alergi apa yah hindari aja yg menjadi penyebab alergi

Dinda mengatakan...

Wah kalo alergi debu susah yah...
Tapi bisa diatasi dengan mengurangisumber alerginya yah.
Kalau susu yang terlalu manis..hmm iya juga sih, aq klo minum teh terlalu manis rasanya tenggorokan gatal

Ribka mengatakan...

makasih y artikelnya..bagus nih.

rita mengatakan...

wah?
minum ASI / sufor bisa mengurangi dampak alergi???

lilian mengatakan...

owh..
ternyata banyak yah cara2nya.. :)
baru tau deh.. dari suhu ac sampai asi dan sufor juga berpengaruh yah?
makasih nih infonya..

vika mengatakan...

pas banget nih..
aku juga ada asma..
waktu kecil sering kumat..
apa gara2 waktu kecil jarang minum susu yah? eh.. kurang maksudnya.. :D
kalo gitu anakku kudu banyak2 minum susu dah.. kl ac sih dah pake ac yang nyesuaiin sama suhu tubuh itu.. harusnya sih gak masalah yah.. :D

Mulyani mengatakan...

coba di cek ada riwayat alergi apa dari kedua orantua nya,karena bisa jadi anak mengalami alergi yg sama..
dan karena anak masih umur 10 bulan,coba dicek kandungan susunya(kalau minum susu formula), apakah kadar gulanya terlalu tinggi? jika iya kemungkinan rasa yg terlalu manis bisa menyebabkan batuk,jadi coba berikan anak susu yg tanpa gula tambahan..bila ternyata batuk anak mereda,bisa diteruskan konsumsunya..

Unknown mengatakan...

mencari penyebab alergi memang gampang2 susah..sebaiknya diperkuat aja daya tahan tubuh anak agar walaupun bertemu dengan alergen,reaksi alergi nya tidak terlalu parah..
cukupi gizi anak dan lengkapi dengan memberikan susu..

Intan mengatakan...

ternyata susu yg terlalu manis bisa bikin anak timbul reaksi batuk ya..? untung aku kasi anakku susu yg tanpa gula tambahan,jadinya selama ini gak ada tuh reaksi batuk2 karena susunya..

laura mengatakan...

owh, baru tahu kalau bisa begini, aku sendiri sih dan keluarga belum ada yang pengalaman asma, jadi mungkin kalau tiba2 ada kita pasti pada pusing dan bingung gimana menghadapinya. thanks ya untuk sharing nya.

prudence mengatakan...

anakku alergi sekali dengan debu, ga bisa kalau dirumah ada tumpukan debu dikit aja, langsung deh bersin2. makanya aku jadinya lebih rajin lagi beres2 rumahnya. bener2 bikin pusing.

Unknown mengatakan...

iya tuh ky keponakanku, gara2 makan manis terus dan jarang dikasih minum air putih sebelum tidur, jadi kalo tidur batuk2 terusss...

Unknown mengatakan...

duh hati2 ya bunda kalo anak batuk2 terus.. harus di check ngeri kena TBC.. maklum itu penyakit nyebarnya cepet bgt lewat udara..

Unknown mengatakan...

duh agak susah deh kalau batuk alergi yah kaya keponakannya suamiku, anaknya tuh hampir setiap bulan pasti ke dokter krn batuk pilek..dan kata dokter, anaknya itu batuk alergi.. kasian bgd deh, krn kan artinya hampir setiap bulan juga dy minum antibiotik dan obat2an dokter..udah gitu alerginya sama yang manis2 gitu lagi seperti coklat, permen dan lainnya yang manis2.

Unknown mengatakan...

ga baik juga loh untuk pertumbuhan si kecil kalau hampir satu bulan sekali aja sakit..bisa2 berat badannya juga ikutan turun..kalau yg batuk alergi krn manis kan bisa mengurangi anak untuk makan manis, bahkan untuk sufornya pun sekarang juga sdh ada yang tidak ada kandungan gula tambahannya jadi juga ga terlalu manis rasanya!!